Sukabumi – Peternak …! Alhamdulillah, Luar Biasa, Allahhuakbar!. Yel-yel pembangkit semangat peternak ini menggema usai penyambutan peserta wisata zakat Dompet Dhufa – Kampoeng ternak di Desa  Palasari Girang Skabumi, Sabtu (2/2).

Kegiatan wisata zakat  dengan tema “Ranch Visit” ini bertujuan untuk lebih mendekatkan hubungan silaturahmi antara donatur, lembaga dan penerima manfaat kegiatan Dompet Dhuafa.

Sesuai dengan tema yang diusung, Desa Palasari Girang merupakan tujuan yang tepat. Desa ini adalah salah satu desa pemberdayaan Kampoeng Ternak – Dompet Dhuafa., selain kesuksesan peternak binaan, wilayah ini juga didukung dengan pemandangan alam yang luar biasa.

Usai Jamuan makan siang  peserta Ranch Visit diajak menapaki perbukitan wilayah perbukitan diantara hijaunya pepadian, pemandangan yang sudah sulit didapatkan tentunya bagi mereka yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Satu persatu kandang peternak  binaan di kunjungi, dengan senang hati peternak menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terlontar dari para donatur. Para donatur semakin memahami manfaat apa yang telah diterima para peternak dhuafa dari hasil donasi mereka.

Perjalanan terus berlanjut melewati perumahan penduduk, melintas diantara pohon pinus dan akhirnya tiba di saung salah seorang peternak. Disini peserta diajak turun ke kolam lele dan berlomba untuk menangkapnya.

“ternyata sulit ya ..menangkap lele, licin sekali “ ujar salah seorang peserta sembari terus berusaha menangkap lele.Usai menguras tenaga berlaga di kolam lele, peserta beristirahat di saung sembari menikmati ikan bakar yang ditangkap dari kolam penduduk setempat.

“kegiatan ini sangat menarik, sambutan hangat dari peternak dan mungkin harus lebih dipublikasi agar semua orang dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini” Ujar Indra, salah seorang peserta.

Keakraban diantara peserta dan peternak serta keindahan alam yang ditawarkan membuat waktu yang berjalan tidak terasa, usai rangkaian acara selesai peserta dan panitia bersiap untuk berpamitan. Sebagai tanda perpisahan peserta dibekali  buah tangan dari peternak berupa sayur dan buah-buahan hasil kebun mereka sendiri. Semoga kegiatan ini bermanfaat

More Photos

Author

Nina Arisanti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here