Alhamdulillah, Idul Kurban sudah berlalu. Kami ucapkan Selamat Hari Raya, semoga kita bisa meneladani keshalehan nabi Ibrahim dan Nabi Ismail AS. Hidup memang mengemban amanah dan itu tentu butuh pengorbanan.  Ada hikmah di setiap cerita kurban.

Kebahagian bagi kita yang sudah bisa melaksanakan kurban.  Dari amanah yang diberikan atas kepercayaan ibu dan bapak sekalian kepada Kampoeng Ternak, tahun ini kami bisa mendistribusikan 2.031 ekor Domba dan Kambing serta Sapi sebanyak 58 ekor.  Penyaluran ini telah melibatkan jaringan peternak dompet dhuafa yang tersebar di 16 Provinsi.  Tiap keratan daging kurban, kini sudah dinikmati oleh jutaaan saudara kita di berbagai pelosok negeri.

Konsep Pemberdayaan Peternakan yang digulirkan KTN Dompet Dhuafa, menjadi ujung tombak dalam mensuport program Tebar Hewan Kurban. Dari amanah zakat bapak dan ibu donatur, bukan hanya dibeli  ternaknya  namum para kaum papa pun bisa merasakan nikmanta daging yang jarang. Senyum kebahagian tanda persaudaraan di tautkan. Saya menjalani langsung bagaimana haru biru saudara saudara kita di kaki gunung galunggung Tasik, Jawa Barat. Sulit untuk digambarkan bagaimana kebahagian itu ada di raut muka mereka, domba dan kambing yang besar besar menjadi saksi persaudaraan antara dua jarak desa dan kota.  Walaupun rintangan jalan yang terjal, menaiki gunung dan menyebrangi sungai dengan jalan kaki, tapi amanah kurban menjadi saksi perjuangan dan etos hingga tapal batas.

Tahun ini pun KTN mendapatkan amanah dari saudara saudara muslim dari Eropa, melalui IHH Turki yang mempercayakan kepada KTN DD untuk bisa menunaikan amanah hingga pulau terluar di sorong Papua. Sebanyak 15 ekor sapi dinikmati oleh muslim dan para mualaf dari suku abun, suku kokoda, dan pulau Arar Distrik Aimas, Sorong Papua. Keprihatinan atas kondisi disana, bukanlah menjadi halangan semangat dakwah dan persaudaraan ditautkan. Kami KTN mohon doa dan dukungan bila mana, ridho Nya maka 2013 kami ingin bisa berperan dalam gerakan dakwah mualaf melalui pendampingan dan pemberdayaan ternak sapi bisa di laksanakan disana. Tentu ini bukan mustahil, para donatur yang budiman, CSR perusaahaan ataupun kerjasama PKBL BUMN bisa saling suport untuk mewujudkan kepedulian ini. Insya Allah.

Akhirnya, Amanah kurban sudah tertunaikan, kami sangat bahagia bila pelaporan untuk bapak dan ibu sekalian menjadi jalan kebaikan. Kurban butuh perencanaan, mari kita tata biar kita bisa ikut cicilan kurban dan berinvestasi membantu peternak kecil. Semoga saksi kurban hingga tapal batas kelak di akhirat dapat menjadi saksi pemberat amal sholeh kita, Amiin.

Yayan Rukmana

Direktur Kampoeng Ternak  Nusantara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here