Kampoeng Ternak Nusantara telah berhasil menggelar hajatan besar “Temu mitra Peternak Nasional II” tepatnya pada 25 -27 September 2012 di Auditorium Gedung Diklat I Kopertais, Ciputat, Tangerang Selatan, dengan mengangkat tema “Memperkuat Jaringan Bisnis Lembaga Lokal Peternak”. Acara ini dibuka langsung oleh Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa, Ahmad Juwaini

Sebanyak 60 peserta yang hadir pada acara ini adalah perwakilan koperasi peternak binaan Kampoeng Ternak Nusantara yang berada wilayah Lampung, Oku Timur, Lebak Banten, Bogor, Sukabumi, Karawang, Tasikmalaya, Garut, Sumedang, Kulonprogo DIY, Blora, Tuban, Situbondo, Sleman DIY, Bima NTB dan Bantaeng Sulsel.

Direktur Kampoeng Ternak Nusantara, Yayan Rukmana pada acara ini mengajak semua mitra dampingan untuk selalu memperbaiki kualitas ternak agar timbulnya kepercayaan dari berbagai pihak. Pertemuan ini juga menghadirkan pemateri – pemateri yang handal dibidangnya.

Pada pelaksanaan hari pertama para mitra diajak untuk membangun motivasi agar giat dan bergairah dalam berusaha “membangun bisnis peternakan yang kuat “ hal ini sesuai dengan materi yang disampaikan oleh pemateri Zainal Abidin dan Arif Abdullah. Pencerahan tentang prinsip bisnis syariah juga didapatkan para mitra pada pelaksananaan hari kedua. Para mitra dengan serius menyimak ilmu dan jurus jitu dari Agung Wisnuwardhana. Hari ketiga adalah wadah aspirasi para mitra melalui diskusi panel dengan tema “kebijakan pengembangan kelembagaan lokal peternak”. Kampoeng Ternak Nusantara mengundang pemateri dari Dompet Duafa, Dir. Budidaya Ternak kementan RI dan HPDKI. Ketiga pihak yang diundang sangat mendukung pengembangan kelembagaan lokal peternak menuju peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pertemuan sekaligus membahas konsolidasi nasional persiapan momen hari raya kurban 1433 H. Kampoeng Ternak Nusantara diwakili Ajat Sudarjat dan Yuyu Rahayu menjelaskan beberapa teknik dan tata laksana pemotongan hewan kurban nantinya. Sehingga diharapkan para mitra siap tempur dan menjadi garda terdepan dalam pelaksanaan kurban di daerahnya masing – masing.

Sebagai apresiasi terhadap kerja keras para mitra, Kampoeng Ternak Nusantara memberikan penghargaan kepada mitra terbaik dengan tujuan menjaga dan melestarikan motivasi seluruh koperasi binaan untuk terus mengembangkan kualitas lembaga lokal dengan kategori sebagai berikut;

  1. Mitra peternak terbaik tahun 2012 adalah Ade Supriatna  dari wilayah pendampingan Sukabumi
  2. Pengurus koperasi terbaik tahun 2012 adalah Harun Arrasyid dari wilayah pendampingan Sukabumi
  3. Manager koperasi terbaik tahun 2012 adalah Syahran dari  wilayah pendampingan Bima
  4. Lembaga lokal terbaik tahun 2012 adalah KUSP Bina Peternak Mandiri dari wilayah pendampingan Tuban

selanjutnya demi terselenggaranya kesejahteraan mitra binaan dilanjutkan penandatanganan deklarasi Jaringan Peternak Berdaya.

Salah seorang penerima penghargaan asal Bima, NTB,Syafran mengaku mendapat banyak manfaat dengan mengikuti acara ini. “Saya senang dapat berbagi pengalaman dengan teman dari berbagai daerah, mendapat ilmu dan inovasi baru dari para pemateri semoga ini bisa menjadi bekal untuk kami semua” ucapnya.

Dengan suksesnya penyelenggaraan “Temu mitra Peternak Nasional II” ini harapan besar Kampoeng Ternak Nusantara adalah menguatnya motivasi mitra peternak untuk mengembangkan bisnis lembaga lokal yang telah dirintis dan dibangun oleh Kampoeng Ternak Nusantara sehingga nilai kemanfaatannya semakin besar dan memberikan dampak bagi masyarakat di sekitar program.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here