Tebar Hewan Kurban (THK), program yang di inisiasi oleh Dompet Dhuafa untuk memudahkan para pekurban dalam menunaikan kurbannya. Program THK tahun 2016 menyalurkan 13.000 ekor hewan kurban ke wilayah-wilayah pelosok dan rawan pangan di Indonesia. Jauh-jauh hari persiapan dilakukan agar pelaksanaan THK lebih baik, salah satunya dengan mengadakan pertemuan mitra peternak dari seluruh Indonesia.

Pertemuan mitra dilakukan selama 3 hari mulai tanggal 8 hingga 10 Februari 2017 di Hotel Quins Colombo, Kalasan, Propinsi Yogyakarta. Pertemuan di hadiri 85 mitra peternak dari seluruh Indonesia. Mitra-mitra tersebut merupakan mitra peternak program-program pemberdayaan bidang peternakan yang tersebar di seluruh Indonesia. Pertemuan mitra dimaksudkan untuk menyamakan persepsi dan mensosialisasikan kebijakan terkait THK. Menjadi mitra THK berarti siap menerima sebuah amanah yang besar, karena THK tidak hanya berorientasi bisnis. MItra bertanggung jawab mulai dari penerimaan hingga penyaluran. Mitra memegang amanah untuk menyampaikan hewan kurban kepada yang berhak menerima, mitra juga ‘harus’ memastikan hewan yang disembelih juga sah secara syar’i.

Program THK dirasakan sangat membantu mitra dalam pemesaran ternak-ternak mereka. Mereka tidak lagi khawatir ternaknya tidak laku di jual, karena ternak-ternak mereka ‘dijualkan’ oleh Dompet Dhuafa. Program THK juga diharapkan mampu mendongkrak pendapatan mitra-mitra pemberdayaan. (SM/KMM)
sumber : www.masyarakatmandiri.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here