Zona Madina – Bogor merupakan salah satu wilayah program pengentasan kemiskinan berbasis kawasan yang disebut sebagai program Klaster Mandiri Dompet Dhuafa. Dalam hal ini, PT. CE. Kampoeng Ternak Nusantara adalah salah satu jejaring Dompet Dhuafa yang bergerak dibidang pengembangan peternakan berbasis pemberdayaan masyarakat. Salah satu kelompok binaannya adalah Kelompok Peternak Barokah Jaya yang beralamat di RT 03 RW 07 kampung Kandang Panjang, Desa Tajurhalang, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor.

Kelompok ini terdiri dari 8 kepala keluarga sebagai anggota kelompok. Adapun jumlah ternak yang dipelihara saat ini sebanyak 50 ekor. Pada hari Rabu tepatnya tanggal 10 April 2013 kelompok Barokah Jaya mengadakan syukuran atas selesainya pembangunan kandang koloni kelompok. Kandang tersebut kemudian akan digunakan untuk menampung ternak kelompok demi terselenggarnya “pengelolaan ternak yang baik” sebagaimana tercantum dalam salah satu butir IKRAR MITRA yang selalu mereka ikrarkan di setiap pertemuan mingguan.

Mitra peternak menjadikan acara syukuran tersebut sebagai satu bentuk rasa syukur atas keberhasilan mereka dalam mendirikan kandang koloni yang didambakan. Selain itu, harapan mitra kedepannya adalah agar ternak yang dipelihara terus berkembang dengan baik yang tentunya mengarah pada peningkatan kesejahteraan bagi mereka sebagai pengelola ternak.

Dalam acara tersebut juga hadir Bapak Jamhuri selaku ketua Rukun Tetangga (RT) wilayah RT 03 RW 07 kampung Kandang Panjang yang dalam sambutannya beliau mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Dompet Dhuafa atas kepercayaan yang dberikan kepada warganya melalui penyelenggaraan program pengembangan peternakan berbasis pemberdayaan masyarakat di wilayahnya. Baginya program tersebut sangat bermanfaat terutama dalam mengejawantahkan salah satu fungsi pemerintahan saat ini yakni upaya pengentasan kemiskinan, begitu tegasnya.

Author : Saripudin (Supervisor Program Div.)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here