Alhamdulillah pelatihan Domba-Kambing telah selesai dilaksanakan pada hari sabtu-minggu tanggal 22-23 November 2014, pelatihan ini di ikuti oleh 8 peserta yang diantaranya ada 2 orang peserta mahasiswa dan 6 orang peserta dari kalangan masyarakat umum.

Acara dimulai pukul 08.00 wib sampai dengan 18.00 wib meliputi materi pembelajaran Analisa dan Perencanaan dalam membangun peternakan domba-kambing, Manajemen Pakan Domba-Kambing dimana peserta di ajarkan cara membuat pakan alternatif dan Manajemen Budidaya yang didalamnya terdapat pembelajaran seputar reproduksi, penanganan penyakit dan Manajemen kandang.

Hari kedua dilaksanakan kunjungan sekaligus praktikum pakan alternatif dan kesehatan seputar permasalahan kesehatan ternak DOKA. juga didalamnya ada share cerita peternak yang telah sukses  mengelola peternakan berskala menengah. dihari kedua ini peserta di bawa dan merasakan langsung menangani kendala teknis seputar penanganan ternak seperti membuat pakan alternatif dan manyuntik hormon serta vitamin ternak domba-kambing. Pada kesempatan ini salah satu peserta dari makasar “Bapak Ahmad Yani ” begitu dipanggilnya beliau cukup puas dan berjanji akan melakukan aktifitas peternakan di daerahnya yaitu Jeneponto, Makassar Sulawesi Selatan.

Semoga cita-cita para peserta ini nantinya mendapatkan perhatian dari pemerintah dalam rangka membantu mensukseskan program pemerintah itu sendiri yaitu swasembada daging. dan semoga dengan semakin banyaknya masyarakat yang berminat mengembangkan peternakan khususnya domba-kambing akan semakin banyak pula lapangan pekerjaan sehingga mengurangi angka pengangguran di negeri yang kita cintai ini. karena pada dasarnya bisnis peternakan Domba-Kambing masih sangat menjanjikan jika dikelola dengan profesional. Semoga sukses Alumni Pelatihan DOKA Angkatan XXXVI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here