Program Pemberdayaan Peternak Kampoeng Ternak Nusantara Dompet Dhuafa yang dilakukan di Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu Propinsi Lampung Program Sentra Ternak Kambing Peranakan Ettawa (PE). Program tersebut merupakan program pengembangan peternakan kambing dan segala bentuk usaha turunannya dengan tujuan untuk membangun sebuah sentra peternakan kambing di Kabupaten Pringsewu.

Program Sentra Ternak Kambing Peranakan Ettawa (PE) dimulai pada akhir tahun 2012 dan merupakan hadiah tahun baru bagi Koperasi MDIT (Motivasi, Doa, Ihtiar dan Tawakal). Koperasi MDIT sendiri merupakan salah satu koperasi binaan Kampoeng Ternak Nusantara Dompet Dhuafa sejak tahun 2005.

Pemetik manfaat untuk Program Sentra Ternak Kambing Peranakan Ettawa (PE) terdiri dari 103 Kepala Keluarga pemetik manfaat langsung dan 377 jiwa pemetik manfaat tidak langsung. Adapun pemetik manfaat langsung program terdiri dari 5 kelompok peternak (KP) yang diantaranya KP Ganjar Sari di Pekon Ganjaran, KP Karya Candi di Pekon Candi Retno, KP Sumber Maju di Pekon Patoman, KP Sido Muncul di Pekon Tanjung Dalam, dan KP Subur Makmur di Pekon Lugusari.

Populasi awal ternak droping sebanyak 404 ekor, terdiri dari pejantan 26 ekor, induk betina 268 ekor, dan bakalan 110 ekor. Selama program berjalan ada penambahan jumlah ternak baik kelahiran anak maupun droping baru sebanyak 413 ekor, terdiri dari pejantan 1 ekor, anak jantan 136 ekor, anak betina 117 ekor, bakalan jantan 154 ekor, dan bakalan betina 5 ekor. Dengan demikian populasi ternak program bertambah menjadi 817 ekor. Adapun nilai pendapatan mitra yang diperoleh dari bagi hasil penjualan dan bagi hasil ternak telah mencapai Rp. 771.212,- per bulan.

Total realisasi anggaran yang disalurkan oleh Dompet Dhuafa melalui Kampoeng Ternak Nusantara pada Program Pemberdayaan Peternak Kambing Peranakan Etawa (PE) di Kabupaten Pringsewu selama periode 2012 – 2014 sebesar Rp. 692.465.000,00 (Enam Ratus Sembilan Puluh Dua Juta Empat Ratus Enam Puluh Lima Ribu Rupiah).

Pada akhir program dibentuk Lembaga lokal berupa koperasi peternak, dalam RAT tahunan KSUP MDIT Tanggamus tanggal 1 Januari 2014 di hadiri oleh 5 kelompok mandiri dan 5 kelompok program sepakat bahwa untuk Kabupaten Pringsewu menjadi kantor cabang koperasi MDIT di Kecamatan Pagelaran. Saat ini sekretariat kantor cabang berada di Pekon Patoman Kecamatan Pagelaran – Pringsewu (SPD)

1 COMMENT

  1. untuk pembuatan proposal ternak apakah harus gabungan dari kelompok ternak ataukah bisa hanya dengan 1 kelompok ternak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here