Hijauan adalah salah satu bahan makanan ternak yang memang sangat penting dandiperlukan, serta besar manfaatnya bagi kehidupan dan kelangsungan populasi ternak.Maka dari itu, hijauan pakan ternak adalah salah satu bahan makanan dasar utama untukĀ  mendukung berlangsungnya industry peternakan. Baik skala besar maupun skala kecil.

Kebutuhan akan hijauan memang semakin tinggi mengingat dengan bertambahnya jumlah populasi ternak yang dimiliki. Kendala utama di dalam penyediaan pakan hijauan, produksinya pakan hijaun tidak dapat tetap setiap tahunnya. Ketika musim penghujan,produksi pakanĀ  hijauan akan sangat melimpah ruah, sebaliknya ketika musimkemarau tingkat produsinya akan sangat rendah.

Demi ketersediaan pakan hijauan ternak disetiap tahunnya, maka dari itu sangat diperlukan adanya budidaya pakan, baik dengan usaha perbaikan manajemen tanaman keras atau penggalakan cara pengelolaan penanaman rumput unggul. Dengan cara demikian maka kekurangan akan hijauan dapat teratasi, sehingga nantinya dapat mendukung pengembangan usaha peternakan yang dilakukan.

Untuk daerah yang selalu dilanda kekeringan, dimana air susah didapat, Waktu yang paling tepat untuk memulai penanaman yaitu antara awal musim penghujan atau akhir musim kemarau. sehingga tanaman baru yang kita tanam akan lebih mudah untuk hidup,maka secara otomatis tanaman tersebut akan mudah mendapatkan air.

Ada beberapa jenis tanaman yang bisa di budidayakan oleh para peternak. Seperti pohon kaliandra, pohon turi, pohon katuk, pohon alpukat, pohon jurangan, dan pohon dadap. Seperti kita ketahui, daun kaliandra, daun katuk, daun jurangan dan daun dadap, Seperti diketahui secara otomatis pakan hijauan diatas dapat meningkatkan produksi susu bagi peternak kambing etawa. Harapannya dapat meningkatkan produksi susu ternak tersebutsehingga dari segi ekonomi yang akan didapatkan oleh peternak juga otomatis akan meningkat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here