Tegal – “A land rich in livestock is never poor, a land poor in livestock is never rich” demikian pernyataan yang tertuang di status Sosial Media “Lukman Farmer” dalam undangan Sarasehan / Diskusi peternakan kambing-domba rutin 2 bulanan ASPEKPIN-HPDKI (Asosiasi Peternak Kambing Perah Indonesia – Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia) yang semula dijadwalkan pada 21 s.d. 22 Februari 2015, namun diundur menjadi 28 Februari s.d. 1 Maret 2015, yang membuat acara ini menarik, acara berlangsung di tengah-tengah kandang Ketiwon Jaya Farm, Dampyak Balongan, Ketiwon, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Peserta sarasehan / diskusi ini berdatangan dari berbagai daerah : Brebes, Cilacap, Cirebon, Palembang, Pemalang, Pekalongan dan Tegal; dengan profesi yang beragam : pedagang sembako, pedagang jamu, kuli bangunan, pedagang assesoris, pedagang susu murni, ulama, perwakilan dari Dinas setempat, tak ketinggalan peternak; peternakpun beragam mulai dari peternak pemula hingga peternak berpengalaman.

Acara yang diadakan selama dua hari ini diawali dengan Pembukaan, Perkenalan masing-masing peserta dan pihak penyelenggara serta dilanjutkan dengan diskusi yang diawali oleh Bpk. Akhmad Lukman selaku Ketua Bidang Litbang ASPEKPIN membahas tentang manajemen pemeliharaan, pakan, reproduksi, kesehatan ternak, pasar dan pemasaran. Acara dihari pertama berlangsung hingga tengah malam karena menariknya diskusi tersebut dan antusiasme peserta yang sangat luar biasa. Sedangkan di hari kedua diadakan praktek pembuatan silase dan kunjungan ke Mitra Sejahtera Farm, Slawi Kulon, Slawi, Kabupaten Tegal; peserta melihat langsung manajemen pemeliharaan domba, pengolahan pakan dan pemanfaatan feses menjadi kompos.

Kunjungan ke Mitra Sejahtera Farm mengakhiri serangkaian acara sarasehan / diskusi peternakan ini, disela-sela kunjungan Barizah -seorang Sarjana Peternakan yang sudah sejak tahun 2012 memelihara ayam broiler- menyatakan semakin yakin untuk melebarkan sayap ke dunia “perkambingan”.. seperti yang ditulliskan dalam status sosial medianya “ora bisa melu event durian nang doro rak kaiki, seng penting oleh ilmu anyar. Sebagai anak peternakan mau eksis dibidangnya. Semoga bermanfaat untuk kedepannya. #makinyakin ditambahnya

Semoga bukan saja Barizah yang semakin yakin untuk melebarkan sayap dan eksis di dunia peternakan, tapi juga semua sahabat peternak yang ragu untuk beternak, menjadi semakin memantapkan diri untuk siap terjun ke dunia peternakan. Semangat!

 

Author : Nurtania Sudarmi – Manajer Bank Ternak Cirebon

 

               

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here