Bogor – Hujan terus mengguyur daerah Bogor dan sekitarnya, hal ini sama sekali tidak menurunkan semangat para peserta pelatihan saat harus melakukan praktik lapangan di kandang display milik koperasi binaan Kampoeng Ternak Nusantara.

Praktik lapangan Ini adalah salah satu rangkaian kegiatan dari pelatihan dasar aplikatif peternakan domba dan kambing angkatan 24, rabu dan kamis 9-10 Januari 2013. Metode yang digunakan Kampoeng Ternak Nusantara memang selalu memadukan antara teori dan praktek lapangan. Hal ini dimaksudkan agar peserta lebih memahami teori yang telah diberikan sebelumnya.

Pada aktivitas ini peserta dibekali pembelajaran tentang cara menyuntik domba kambing, pembibitan, cara menanam rumput, proses silase, pembuatan kompos. Yang paling menarik ketika salah satu trainer Yuyu Rahayu memberikan paktik langkah-langkah membuat kosentrat untuk ternak, seluruh peserta antusias mencetak konsentrat menjadi blok atau  yang biasa disebut dengan UMMB (urea molasses multi-nutrient block).

Salah satu peserta yang ingin mengembangkan peternakan kambing Anies Thalib  telah memulai rencananya tersebut dengan membangun kandang domba kambing di kawasan Babakan-Parung. “Banyak hal baru yang saya dapat dari pelatihan ini, saya jadi lebih mengetahui seluk beluk peternakan kambing, ternyata banyak hal yang harus saya rencanakan dengan matang” ucapnya usai mengikuti pembelajaran materi propspek bisnis peternakan domba dan kambing yang disampaikan oleh Yayan Rukmana.

“menjelang masa pensiun  saya tetap ingin produktif, dengan ikut pelatihan ini saya lebih mantap untuk mengembangkan usaha peternakan kambing yang sudah saya mulai beberapa bulan lalu”ucap Dasuki peserta lainnya ketika ditanya alasan beliau mengikuti pelatihan ini.

KTN terus berusaha memberikan yang pelayanan terbaik kepada peserta pelatihan. Sama halnya dengan keinginan peserta, KTN berharap silaturahmi dapat terus terjalin dengan para alumni pelatihan, sehingga sharing informasi dan komunikasi terus terbina dan tidak tertutup kemungkinan hubungan bisnis  KTN-alumni pelatihan terjalin dari sini.

Author : Nina Arisanti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here