SAWANGAN – Walau cuaca di Parung Bogor sering diguyur hujan, tidak menghalangi Dika Kurniawan (21 thn) untuk berjualan ternak. Sejak pukul 06.00 pagi Dia sudah mangkal di Pasar Parung Bogor untuk menawarkan sembilan ekor kambing Jawa Randu dan enam ekor domba ekor tipis yang dibawanya.

“Alhamdulillah hari ini saya bisa menjual dua ekor domba. Kalau tidak hujan biasanya bisa menjual lebih dari dua ekor, ” kata Dika saat berkunjung ke Kantor Kampoeng Ternak di Jalan Muchtar Raya No.17 Sawangan, Depok, Senin (30/01).

Dika mengatakan, domba ekor tipis laku terjual dibandrol dengan harga 850 ribu rupiah per ekor. Menurutnya, harga domba kambing di pasaran belum turun dan masih mengikuti harga pasar saat Idul Adha 1432 H. Biasanya tren harga domba kambing akan turun saat memasuki bulan Ramadhan.

“Harganya akan turun dari 35 ribu rupiah per kilo menjadi 27 ribu ruiah per kilo,” ujar Dika.

Dikatakannya, dalam sebulan rata-rata mampu menjual 30 ekor domba dan kambing. Dia biasa berjualan ternak tiap hari Senin, Rabu dan Jumat di Pasar Parung sejak pukul 06.00 pagi hingga pukul 11.00 siang.

Dika adalah salah satu mitra Kampoeng Ternak di wilayah pemberdayaan Bogor, dan bergabung menjadi mitra Kampoeng Ternak sejak 2010. Menurutnya, sejak menjadi mitra binaan Kampoeng Ternak, banyak pengalaman yang didapat.

“Dulu saya nggak bisa nyuntik ternak, sekarang bisa. Jadi kalau ada ternak yang sakit bisa ditangani sendiri,” jelas pemuda yang tinggal di Desa Jampang Pulo RT 04 RW 03 Bogor ini.

Baginya, usaha ternak domba dan kambing adalah bisnis yang sangat menyenangkan. Apalagi saat jelang Idul Adha banyak permintaan ternak untuk kurban. Dia mengaku, saat Idul Adha tahun lalu mampu menjual ternak sebanyak 100 ekor domba kambing.

“Rezeki Allah yang mengatur,” ungkap Dika yang menggeluti usaha ternak domba kambing sejak 2005 ini.

Saat ini Dia fokus pada usaha pembibitan dan bakalan karena usaha ini tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya. Menurutnya usaha penggemukan ternak biayanya lebih mahal.

Walau usaha ternaknya masih tergolong kecil, namun Dia bercita-cita ingin menjadi peternak sukses. “Yang penting tau ilmu dan pengalaman,” imbuhnya. [cip]

2 COMMENTS

  1. Gimana ya kalau ingin beli kambing untuk qurban dari peternak binaan kampung ternak? Apakah kampung ternak jg mewadahi peternak dengan pembeli? Jika ya saya sangat tertarik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here