SAWANGAN – Ternyata, perlakuan terhadap hewan ternak bisa mempengaruhi hasil produksi. Karena itu, para petani dan peternak harus memahami psikologi tiap ternak sehingga kambing perah bisa berproduksi dengan maksimal.

Habib Alwi Maher, Penulis Buku Psikologi Ternak menyatakan, hal-hal yang mempengaruhi produksi akibat dari psikologi diantaranya perlakuan terhadap ternak, pola makan, pola kandang dan perubahan iklim. “Pada dasarnya, psikologi manusia dengan hewan hampir sama. Karena itu kita harus memperlakukan hewan ternak dengan baik,” kata Habib di Bogor beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, ada kawan yang produksi susu ternaknya turun dari 300 liter per hari menjadi 25 liter per hari. Padahal, jadwal makan dan pola pakan ternak tidak dirubah. Setelah ditelusuri ternyata penyebab utama adalah saat memerah susu salah satu karyawan memperlakukan kambing dengan tidak baik, “Ya karena ada masalah, ternyata psikologi karyawan tersebut berpengaruh pada produksi susu ternak,” kata Habib.

Selain itu, saat membuat kandang dan tempat makan ternak harus nyaman, ukuran kandang yang nyaman untuk satu ekor adalah 80 cm x 150 cm. “Ukurannya disesuaikan dengan kenyamanan diri kita. Kalau kita bisa tidur pulas di kandang tersebut, berarti kambing juga merasa nyaman,” imbuh Habib. [cip]

Produk Turunan Ternak

Ingin Jadi Peternak Handal?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here