Aqiqah adalah pengurbanan hewan dalam syariat Islam, sebagai penggadaian (penebus) seorang bayi yang dilahirkan. Hukum akikah menurut pendapat yang paling kuat adalah sunah muakkadah, dan ini adalah pendapat jumhur ulama menurut hadits.

Aqiqah sebagai salah satu tuntunan ajaran islam yang dianjurkan dan dicontohkan Rosulullah SAW, memiliki hikmah dan manfaat yang luas baik bagi pelaksana dan penerimanya. Manfaat bagi pelaksana atau sebagai pengaqiqah, kurban hewan jenis domba atau kambing sebagai aqiqah merupakan ungkapan rasa syukur atas rahmat Allah swt berupa kelahiran seorang anak. Manfaat bagi penerima aqiqah adalah menerima aqiqah berupa konsumsi yang dapat dimanfaatkan, seperti kaum dhuafa ataupun tetangga yang memberikan doa kebaikan untuk pengaqiqah. Oleh karena itu, sebagai umat islam yang mampu sebaiknya aqiqah dapat dilaksanakan. Seperti hadits yang diuraikan berikut : “setiap anak digadaikan dengan aqiqahnya, ia disembelihkan (binatang) pada hari ke 7 (tujuh) dari hari kelahirannya, diberi nama dan dicukur kepalanya”(HR Tirmizi Nasa’I dan Ibnu majah dari samrah)

Kampoeng Ternak Nusantara memiliki program aqiqah dengan nama Program “Tebar Aqiqah Nusantara”. Tebar Aqiqah Nusantara merupakan program aqiqah yang menjadi salah satu solusi untuk pelaksanaan aqiqah dari kota-kota besar dengan manfaat yang dirasakan di perdesaan. Seperti sekarang ini, dimana masyarakat kota sibuk dengan aktivitasnya dan ketersediaan lahan untuk pemeliharaan hewan ternak (kambing dan domba) yang semakin sedikit.

Program Tebar Aqiqah Nusantara terdiri dari Program Aqiqah Mandiri dan Program Aqiqah Peduli. Pelaksanaan Program Aqiqah Mandiri merupakan pengaqiqah dari Jabodetabek dengan pelaksanaan aqiqah di lokasi kediaman pengaqiqah. Sedangkan, Program Aqiqah Peduli merupakan pengaqiqah dari Nusantara yang pelaksanaannya dilakukan melalui Mitra Peternak pada Program Pemberdayaan Peternak, Kampoeng Ternak Nusantara. Kampoeng Ternak Nusantara dapat memfasilitasi bagi pengaqiqah yang ingin melaksanakan aqiqah secara mudah, praktis dan bermanfaat (Insya Allah).

Saat ini lebih dari 16 titik pemberdayaan peternak daerah, seperti daerah Kendal, Muara Gembong-Bekasi, Klaten, Nganjuk-Jawa Timur, Purwodadi, Magetan, Garut, Jombang, Sumedang, NTT, Bima, Oku Timur-Sumatera Selatan, Ciamis, Lebak-Banten, Jampang-Parung, dan Banyuwangi. Program Tebar Aqiqah Nusantara mensuplai aqiqah hampir di seluruh provinsi di Indonesia. Untuk itu para pengaqiqah peduli dapat memesan untuk pendistribusian aqiqahnya. Untuk pemesanannya pun sangat mudah, hanya mengisi formulir dan transfer melalui rekening maka amanah aqiqah siap dilaksanakan.

Di daerah pendistribusian dari tim Kampoeng Ternak Nusantara sudah siap melaksanakan amanah tersebut. Tidak lupa setelah acara pelaksanaan, tim segera mengirimkan laporan pelaksanaan aqiqah yang berisi tentang dokumentasi dan laporan kegiatannya. Laporan ini yang kemudian akan dikirimkan ke pengaqiqah.

Mojosari, di Kabupaten Mojokerto, tepatnya di desa sawahan Mojosari, adalah salah satu tempat yang merupakan daerah pemberdayaan yang baru saja menjadi ‘desa amanah’ untuk pendistribusian Program Aqiqah Peduli pada bulan Maret 2015 dari pengaqiqah Ibu Nur’aeni. Masyarakat desa Mojosari yang ramah terlihat bergembira dan antusias menerima program ‘aqiqah peduli’ ini. Mereka bahu-membahu menyediakan hewan kambing, memotong dan memasaknya. Setelah masakan aqiqah telah siap (seperti sate dan gulai) maka barulah diadakan acara tasyakuran dan makan bersama. Penerima manfaat program aqiqah peduli ini adalah para tukang becak di desa Mojosari. Tampak wajah yang berseri dan rasa syukur dari para penerima manfaat tersebut. “Tak henti-hentinya mereka mengucapkan terimakasih, Syukur Alhamdulillah dan Barakallah….karena memang menu makanan sate dan gulai kambing bagi mereka merupakan makanan istimewa yang jarang mereka rasakan” (Tutur dari bapak Mahfud, mitra Kampoeng Ternak Nusantara yang berada di lokasi)

Kegiatan aqiqah peduli ini sangatlah besar manfaatnya, karena mungkin jika pelaksanaannya di kota, maka penerima manfaatnya, bisa jadi adalah orang-orang yang tergolong mampu ataupun terbiasa mengkonsumsi daging. Berbeda dengan pelaksanaan program aqiqah peduli yang dilakukan di tempat-tempat pemberdayaan, yang justru rasa syukur nikmat dan manfaat lebih terasa dengan mengkonsumsi sate dan gulai dari program aqiqah peduli ini. Diharapkan dari adanya aqiqah peduli ini maka masyarakat penerima program aqiqah peduli dapat sedikit terbantu untuk menambah pemenuhan gizinya, disisi lain dari pihak pengaqiqah sudah menunaikan hajat aqiqahnya tanpa repot untuk mengolah dan mengadakan acara di lokasi tempat tinggalnya.

Untuk pemesanan PROGRAM AQIQAH PEDULI ini, bapak/ibu dapat menghubungi kami dengan kontak (Penanggungjawab) atas nama Bapak Andy Yohanda, 0812 9511 0642, atau Office Kampoeng Ternak Nusantara 021 7425835. Salam Ternak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here