Blora- Program pemberdayaan peternak Kampoeng Ternak (kater) Dompet Dh uafa di Kabupaten Blora telah memberikan terobosan baru bagi para peternak disana,diantara terobosan yang sangat bermanfaat bagi peternak adalah sistem kandang panggung. Kandang panggung bagi sebagian peternak di Indonesia mungkin bukan merupakan hal yang asing. Namun tidak begitu, ternyata bagi kebanyakan masyarakat di Kabupaten Blora Jawa Tengah kandang panggung merupakan sesuatu yang baru. Kebiasaan masyarakat disana dalam memelihara ternak kambing adalah dengan cara diikat di dalam rumah pada malam hari, dan diikat di tempat gembala pada siang hari, mereka tidak punya kandang kambing khusus yang terpisah dari rumah.

Ketika program pemberdayaan peternak masuk di Kabupaten Blora pada bulan April 2011, kater mengajak seluruh mitra peternak untuk menggunakan kandang panggung sebagai tempat pemeliharaan ternak, ajakan ini diterima dengan baik oleh mereka meskipun ada sedikit kendala. “Kami sempat bingung ketika pendamping Kampoeng Ternak menyuruh membuat kandang panggung, karena tidak ada contoh yang dapat ditiru, kami sampai berkali-kali merubah bentuk kandang ini” kata Ketua Kelompok Mukti Rebianto saat berbincang dengan tim kater, Mei 2012 lalu.

Para mitra peternak dampingan kampoeng ternak ini merupakan pionir dan penggerak budaya kandang panggung di Blora, “Saat ini banyak masyarakat diluar mitra peternak yang mulai membuat kandang panggung, kandang kami ini sering dilihat dan dijadikan contoh oleh warga lainnya” masih ujar Rebianto.

Banyak kelebihan kandang panggung jika dibanding dengan kandang kambing di dalam rumah, berikut ini beberapa kelebihan kandang panggung yang diutarakan oleh mitra-mitra peternak di Blora:

  1. Space ruang yang dibutuhkan lebih kecil
  2. Kesehatan ternak lebih terjamin
  3. Kotoran ternak mudah di bersihkan
  4. Lebih mudah dalam pemberian pakan
  5. Bisa memeliharan ternak dalam jumlah banyak
  6. Modal kandang lebih murah dibanding membangun rumah yang kemudian dipake kandang kambing
  7. Bisa lebih berhasil dalam beternak

Semoga budaya kandang panggung ini bisa cepat ditiru oleh masyarakat lainnya di Kabupaten Blora, agar peternakan mereka menjadi lebih maju dan dapat menabah pendapatan ekonomi mereka. [ir]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here