Dompet Dhuafa sebagai lembaga amil zakat sekaligus lembaga kemanusiaan nasional mengambil peran strategis dalam memajukan peternakan nasional. Di bulan Ramadhan ini, tepatnya tanggal 4-12 Juli 2015, Dompet Dhuafa menggelar acara yang sangat penting bagi dunia peternakan, yaitu pelatihan teknis dan manajemen peternakan domba, kambing dan sapi secara gratis dan serentak. Acara tersebut dilaksanakan di lima kota dan diikuti lebih dari 500 orang peternak dari seluruh Indonesia.

Lima kota tempat penyelenggaraan pelatihan tersebut adalah Aceh Tamiang di Provinsi Aceh untuk wilayah Sumatera bagian utara. Kemudian di Depok Jawa Barat untuk wilayah Sumatera bagian selatan, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Selanjutnya di Salatiga Jawa Tengah untuk wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Berikutnya di Madiun Jawa Timur untuk wilayah Jawa Timur, Kalimantan, dan Sulawesi. Terakhir di Bima Nusa Tenggara Barat untuk wilayah Nusa Tenggara, Bali, Maluku, dan Papua.

Setidaknya ada tiga hal yang ingin dicapai dari pelatihan tersebut, pertama, meningkatkan kapasitas dan kapabilitas peternak dalam memahami dan menerapkan manajemen maupun teknis pengelolaan peternakan. Kedua, membuat jaringan peternak yang solid dan saling menguntungkan agar tercipta kelembagaan peternak yang kuat. Dan yang ketiga, menghimpun para relawan ahli dari praktisi peternakan yang ada di Indonesia untuk berbagi ilmu dan pengalaman dalam mengelola peternakan.

Tampil sebagai pembicara dalam pelatihan tersebut para praktisi peternakan yang ada di berbagai wilayah. Mereka merupakan pimpinan perusahaan peternakan yang telah malang melintang menggeluti usaha peternakan. Para praktisi tersebut benar-benar menjadi relawan Dompet Dhuafa. Mereka mendedikasikan ilmu dan pengalamannya untuk dibagi kepada seluruh peternak yang hadir. Saat ini para pembicara terhimpun dalam berbagai asosiasi peternak, yaitu : Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI), Asosiasi Peternak Kambing Perah Indonesia (Aspekpin), Asosiasi Peternak Kambing PE Nasional (Aspenas), Asosiasi Pengusaha Aqiqah Indonesia (Aspaqin), dan pengelola (admin) grup facebook Peternak Kambing Indonesia.

Materi yang disampaikan pada pelatihan tersebut sangat beragam, mulai dari motivasi wirausaha, peluang bisnis dan ragam usaha peternakan, teknis beternak (perbibitan, reproduksi, kesehatan, dan pakan), manajemen usaha peternakan, pemasaran, dan pengolahan produk turunan ternak. Semuanya dikupas tuntas dalam forum yang terbuka dan penuh dengan keakraban. Para pemateri memberikan berbagai tips dan trik yang praktis untuk menjawab berbagai permasalahan peternak di lapangan (AS).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here