Animal Rescue dilakukan lagi oleh team Kampoeng Ternak Nusantara di Dusun Klangon Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Latar belakang dilakukanya Animal Rescue karena telah terjadi bencana meletusnya Gunung Kelud yang disinyalir memberikan dampak terburuk sampai pada wilayah Malang dan Kediri.

Kondisi peternakan di Dusun Klangon pada umumnya adalah peternak baik ungas, domba, kambing atau sapi. Pasca terjadinya bencana, secara otomatis perekonomian para peternak menurun drastis. Bayangkan, disana banyak peternak sapi yang rata-rata memelihara 1-2 ekor sapi. Setiap ekornya, perhari sapi tersebut menghasilkan 10-12 liter susu segar. Setiap liternya dijual dengan harga Rp. 4.000,-. Dengan demikian pendapatan kotor peternak dari penjualan susu segar perbulan sekitar Rp. 1.200.000,-. sampai 2.880.000,-. Belum lagi ditambah dengan mereka yang memiliki ternak domba atau kambing secara bersamaan, sehingga selain melalui penjualan susu sapi peningkatan pendapatan peternak bisa melalui penjualan pedaging ( domba-kambing).

Pada saat team Kampoeng Ternak Nusantara sampai lokasi, hampir sudah tidak ditemukan ternak lagi di Dusun ini, hanya ditemukan beberapa ekor kambing warga yang masih bertahan sisanya hanya tinggal kandang yang porak-poranda terkena material vulkanik akibat dahsyatnya letusan Gunung Kelud. Menurut informasi dari Ketua Dusun Klangon Bapak Jumali memang pada saat terjadi bencana warga maupun pemerintah setempat tidak sempat mengevakuasi ternak-ternak tersebut, sehingga pada saat warga kembali ke rumah mereka kondisi ternak sudah banyak yang mati dan sebagian yang masih hidup terpaksa di jual dengan setengah harga karena kondisi kesehatanya sudah memprihatinkan. Selain itu kondisi ladang yang tertutup material vulkanik membuat pakan ternak hijauan sangat sulit didapatkan.

Dengan hanya tinggal beberapa ternak yang masih ada, akhirnya team memberikan suntikan vitamin dan antibiotik sebelum melanjutkan perjalanan Animal Rescue ke wilayah target selanjutnya di kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here