Udara segar dan sering terpapar hal-hal yang kotor menguntungkan bagi anak-anak yang tinggal di area peternakan. Studi yang dipublikasikan Jurnal Thorax menyebutkan anak-anak yang tinggal di area peternakan memiliki alergi lebih sedikit dibandingkan yang tinggal di desa dan kota.

Hal ini diketahui setelah peneliti mengevaluasi data lebih dari 10.000 orang dewasa yang tinggal di 14 negara. Rupanya, mereka yang dibesarkan di area peternakan tubuhnya tidak peka terhadap alergen sehingga lebih sedikit kena alergi.

Penelitian menunjukkan paru-paru anak-anak yang tumbuh di area peternakan lebih kuat. Wanita yang tinggal di area peternakan sebelum usia lima tahun memiliki paru-paru lebih kuat seperti orang dewasa. Namun kondisi ini tidak sama dengan yang terjadi pada pria.

Lalu, orang-orang ini juga 54 persen lebih rendah terkena asma maupun hayfever.

Sayangnya, para peneliti belum mengetahui faktor apa yang menyebabkan orang yang tinggal di area peternakan lebih kurang punya alergi.

Meski begitu peneliti berpendapat hal tersebut karena adanya paparan mikroba tertentu, polusi udara, dan aktivitas fisik memainkan peran seperti dikutip Time, Kamis (29/9/2016).

Sumber : Liputan6.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here