Meskipun ini aksi baru bagi Kampoeng Ternak dalam animals rescue (AR) bencana banjir, kegiatan ini tetap berjalan dengan baik hingga hari ketiga (20/1), dan mendapat respon positif dari masyarakat luas.

Beberapa daerah yang terkena banjir pada hari ini mungkin tak lagi tegenang air, namun beda halnya dengan wilayah Pluit dan sekitarnya. Hal ini yang menjadi alasan tim untuk langsung meluncur ke lokasi, selain karena banyaknya informasi hewan yang terjebak banjir dari masyarakat melalui twitter dan facebook.

Walaupun akses menuju lokasi evakuasi jauh dan sulit tim berhasil menembusnya. Tak sia-sia di daerah ini 15 ekor kucing dan 4 anjing berhasil dievakuasi. Kali ini tim AR bekerjasama dengan Animal Defender.

Hewan –hewan hasil evakuasi selanjutnya di beri makanan  pengobatan dan diselimuti agar terhindar dari hipotermia. Selanjutnya hewan-hewan ada yang dikembalikan kepada pemiliknya, dan untuk hewan tanpa pemilik diserahkan kepada Animal defender untuk dicarikan orang-orang yang ingin mengadopsi kucing.

Lain halnya dengan tim AR Bekasi timur selain 10 kucing yang terevakuasi, mereka berhasil mengevakuasi 20 ekor kambing milik peternak setempat. Tidak hanya ucapan terimakasih dan haru yang didapat suasana menegangkan juga masih melekat pada ingatan anggota tim evakuasi ketika mengingat derasnya arus yang harus dilewati ketika evakuasi berlangsung.”yang penting ternak dapat dievakuasi” ujar salah satu anggota tim AR.

Kini semakin banyak orang yang teredukasi dan memahami seni “Animal Rescue”. Besar harapan kegiatan serupa juga dilaksanakan didaerah lain ketika bencana datang, setidaknya hal itulah yang juga dipikirkan oleh salah satu relawan AR Fhadla yang mengaku sebagai pecinta binatang.

“Besok mungkin aku harus kembali bekerja, jadi ini adalah hari terakhir, tapi jangan lupa kabari jika ada aksi serupa” ujarnya usai evakuasi hari ketiga selesai.

Semoga bencana tidak lagi terjadi, dan tidak banyak lagi hewan yang menjadi korban jika kita peduli.

Author : Nina Arisanti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here